Iklan VIP

Minggu, 18 Agustus 2024, 10:57 WIB
Last Updated 2024-08-18T03:57:36Z

Pemkab Peringati HUT ke-79 Proklamasi Kemerdekaan RI

Probolinggo, Peduli Rakyat News.-Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Probolinggo ditandai dengan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dan pengibaran Bendera Merah Putih di Alun-alun Kota Kraksaan, Sabtu (17/8/2024) pagi. Tema Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tahun 2024 ini adalah “Nusantara Baru Indonesia Maju”.
Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo H. Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si. Sementara komandan upacara dipercayakan kepada Kabag Ren Polres Probolinggo AKP Slamet Prayitno. Sedangkan perwira upacara adalah Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo Doddy Nur Baskoro.

Upacara ini diikuti oleh karyawan dan karyawati di lingkungan Pemkab Probolinggo (Korpri), TNI/Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, PGRI, Karang Taruna, organisasi profesi dan organisasi kepemudaan, mahasiswa, pelajar serta Pramuka.

Hadir jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo, Pj Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Rita Erik Ugas Irwanto, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), perwakilan perusahaan 

Nampak H.ivan ketua KADIN ( kamar dagang industri ) dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Probolinggo, KPU, Bawaslu serta para perwakilan organisasi di Kabupaten Probolinggo.

Tepat pukul 10.00 WIB, bunyi sirine terdengar memecah kesunyian sebagai tanda peringatan peristiwa bersejarah 79 tahun lalu. Selanjutnya Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo membacakan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI.Sebagai acara puncak, dilakukan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Kabupaten Probolinggo 

Bendera Merah Putih diserahkan oleh Pj. Bupati Probolinggo Ugas Irwanto kepada pembawa baki bendera Flora Oktaviani dari SMAN 1 Kraksaan untuk selanjutnya dikibarkan. Bertindak sebagai Komandan Paskibraka adalah Komandan Unit Kodim 0820 Probolinggo Letda Mohammad Faisol. Sementara 3 (tiga) orang pengibar bendera diantaranya Mohammad Syahroni dari SMAN 1 Leces (pengibar bendera), Sony Dwi Wijaya dari SMAN 1 Paiton (pembawa bendera) dan Mohammad Alvin Faiz Maulana dari SMAN 1 Kraksaan (pembentang bendera).

Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia ini diiringi oleh Marching Band Gita Wibawa Praja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Probolinggo serta penampilan paduan suara Ghandes Javas Suara dari SMPN 2 Kraksaan.

Upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI ini juga dimeriahkan dengan penampilan tari kolosal Kiprah Glipang oleh siswa dan siswi SMPN 1 Kraksaan. Bahkan Pj Bupati Ugas dan Forkopimda turut serta bersama-sama mengikuti Gerakan Tari Kiprah Glipang.

Dalam kesempatan tersebut Pj Bupati Ugas didampingi Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kraksaan Alzuarman menyerahkan remisi secara simbolis kepada 3 (tiga) orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Serta batik hasil karya WBP Rutan Kelas IIB Kraksaan.

Pj. Bupati Probolinggo Ugas Irwanto menyampaikan suasana peringatan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 2024 ini mengingatkan kembali sejarah pada 79 tahun yang lalu. Dimana semua dengan khidmat dan sakralnya dicetuskan Hari Kemerdekaan oleh Bung Karno (Ir. Soekarno).

“Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI ini mengambil tema “Nusantara Baru Indonesia Maju. Artinya, ayo kita membangun Indonesia, khususnya Kabupaten Probolinggo ini terus maju dan terus melangkah. Saya berharap seluruh warga khususnya anak-anak muda terus bergelora dan terus berkarya bagaimana Kabupaten Probolinggo bisa semakin maju, semakin lebih baik dan semakin sejahtera,”jelasnya. (Mas aldin)