Iklan VIP

Senin, 12 Agustus 2024, 18:26 WIB
Last Updated 2024-08-12T11:27:05Z

Catur Cepat Tingkat Nasional

Probolinggo– pedulirakyatnews.com,Open turnamen catur cepat tingkat nasional memperebutkan Piala H Andi Suryanto Wibowo, SE., MM. yang digelar oleh Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Probolinggo resmi berakhir pada Minggu (11/8/2024) malam.

Penutupan open turnamen catur cepat ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo selaku Ketua Pengcab Percasi Kabupaten Probolinggo, anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Supoyo, Wakil Ketua Umum Percasi Provinsi Jawa Timur Yusuf Satriono, Wakil Ketua Pengcab Percasi Kabupaten Probolinggo Ponirin serta jajaran Pengcab Percasi Kabupaten Probolinggo.

Turnamen yang diikuti oleh ratusan atlit catur dari seluruh pelosok Indonesia sukses digelar dengan melahirkan atlit-atlit catur dari berbagai daerah. Setidaknya ada 2 (dua) kategori yang disiapkan oleh Percasi. Selain open turnamen catur cepat tingkat nasional, disiapkan pula penghargaan khusus bagi putra daerah Kabupaten Probolinggo.

Dalam kesempatan tersebut diumumkan 10 besar untuk dua kategori tersebut. Untuk putra daerah Kabupaten Probolinggo, peringkat 1 diraih Wahyudi Pinoner, peringkat 2 diraih Dimel Rahmad G, peringkat 3 diraih Trihendriyanto, peringkat 4 diraih Narayana Mulya Wicaksana, peringkat 5 diraih M. Riza, peringkat 6 diraih Devis Sapta, peringkat 7 diraih Suyanto, peringkat 8 diraih Januar Aditya, peringkat 9 diraih Samu Prastyo dan peringkat 10 diraih Salim.

Sementara untuk open turnamen, peringkat 1 diraih Moh Ervan (PON Jatim) dari Kabupaten Probolinggo, peringkat 2 diraih Agus Kurniawan (PON Jatim) dari Kabupaten Probolinggo, peringkat 3 diraih Nayaka Budidarma (PON Jatim) dari Kota Malang, peringkat 4 diraih M. Nurul Huda dari Kabupaten Probolinggo, peringkat 5 diraih Catur Adi Sagita (PON Jatim) dari Kabupaten Pacitan, peringkat 6 diraih Pradafa Harahap dari Sumatera Barat, peringkat 7 diraih Karunia Bagus Trilaksa dari Sidoarjo, peringkat 8 diraih Hasan Basri dari Kediri, peringkat 9 diraih Zagar Rasyad dari Jember dan peringkat 10 diraih Arya Wisang dari Kota Batu. Khusus untuk open turnamen ini, diambil peringkat 1 hingga 40.

Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo selaku Ketua Pengcab Percasi Kabupaten Probolinggo mengaku bersyukur karena antusiasme peserta dalam open turnamen catur cepat tingkat nasional sangat luar biasa.

“Saya tidak menyangka terutama bagi warga Kabupaten Probolinggo. Dimana even ini merupakan suatu kesempatan untuk mengukur kemampuan dari pada atlit Kabupaten Probolinggo maupun pecinta catur Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Andi mengharapkan even ini menjadi motivator buat para pecinta catur di Kabupaten Probolinggo, terutana atlit Kabupaten Probolinggo. Karena ini salah satu cerminan kualitas dari pada lawan-lawan atlit Kabupaten Probolinggo ketika berlaga di even-even nasional.

“Tentunya turnamen ini sangat banyak dampaknya bagi atlit Kabupaten Probolinggo. Ketika kita bertemu dengan atlit-atlit dari luar Kabupaten Probolinggo, minimal atlit kita bisa mengukur kekuatan lawan-lawan kita serta strategi-strateginya bisa dipelajari oleh atlit-atlit Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Menurut Andi, bagi bibit-bibit baru yang muncul dari turnamen ini Percasi akan memberikan pembinaan lebih lanjut. Karena memang salah satu tujuan dari adanya tujuan ini pihaknya ingin mencari bibit-bibit atlit yang baru untuk mendongkrak kebutuan atlit yang selama ini ada keterbatasan atlit di KabupatenProbolinggo. “Dengan adanya turnamen ini mungkin 10 besar atau yang mempunyai grade tertentu kita bina di Sekolah Catur Bromo untuk dicetak menjadi atlit Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya. (Ms al)